Kamis, 21 Mei 2015

Dampak Negatif Kurang Minum Air Putih

Dampak Negatif Kurang Minum Air Putih

Air dan oksigen adalah unsur penting bagi setiap kehidupan dimuka bumi ini. Terutama pentingnya air bagi tubuh manusia, karena tubuh kita terdiri dari 60%nya adalah air. Lalu apa akibat jika tubuh kita kekurangan air?,,, Manusia hanya bisa bertahan selama tiga hari tanapa minum air!, jauh lebih pendek dari akibat jika hanya tidak makan. Pasokan air terhadap tubuh bertanggung jawab untuk fungsi dari seluruh sistem organ tubuh, membantu melarutkan mineral, mengatur suhu tubuh, meringankan beban ginjal dan hati dalam melarutkan sisa metabolisme, serta membawa nutrisi dan oksigen ke seluruh jaringan sel. Orang harus selalu mengkonsumsi cairan cukup, setidaknya delapan 8 gelas untuk orang dewasa. Tubuh yang kekurangan cairan akan mengalami gejala dehidrasi, seperti pusing, kulit kering, depresi, tak bisa konsentrasi, lemas dan warna air seni yang berwarna keruh.

Berikut Ini Dampak Negatif Kurang Minum Air Putih

  1. Dehidrasi
Ketika dalam tubuh kekurangan air putih maka kita akan mengalami  dehidrasi. Dehidrasi ini menyebabkan cairan di otak akan menurun, asupan oksigen yang harusnya mengalir ke otak pun berkurang. Akibatnya, sel-sel otak menjadi tidak aktif dan berkembang, bahkan bisa menciut.
  1. Menurunkan kecerdasan
Kurang Minum Air Putih ternyata dapat menurunkan kecerdasan otak kita,itu disebabkan karena komposisi otak terdiri atas cairan, dan ketika otak tidak mendapatkan asupan air yang cukup akan terjadi gangguan fungsi kognitif (kepandaian) di otak. Otak tidak bisa menjalankan fungsi normalnya lagi, terutama fungsi kognitif yaang akhirnya membuat seseorang menjadi lemot, gampang lupa, dan tidak konsentrasi.
  1. Menyebabkan halusinasi dan kematian
Dehidrasi yang dialami tubuh akibat Kurang Minum Air Putih bisa menyebabkan gejala mulai dari yang ringan dan sedang seperti lelah, haus, tenggorokan kering, badan panas, sakit kepala, air kencing pekat, denyut nadi cepat, hingga gejala berat seperti halusinasi dan kematian.
  1. Infeksi kandung kemih
Dampak buruk kurang minum air putih selanjutnya adalah rentan terkena infeksi kandung kemih karena bakteri tidak bisa keluar akibat kurang minum air putih . Gejala infeksi kandung kemih ini bisa berupa suhu badan yang sedikit meningkat, rasa nyeri terutama saat akhir buang air kecil, perasaan ingin buang air kecil yang tidak dapat ditahan, nyeri tekan di atas tulang kemaluan. Kadang kala terdapat darah dalam urine.
  1. Kulit kusam
Dampak buruk kurang minum air putih yang lainnya adalah kulit menjadi kusam ,karena kurang minum air putih  membuat aliran darah kapiler di kulit juga tidak maksimal .
  1. Mengganggu fungsi ginjal
Kurang minum air putih juga bisa mengganggu fungsi ginjal karenanya air atau air putih sangat penting untuk mencegah batu ginjal. Dengan cukup minum air putih maka komponen pembentuk batu ginjal menjadi lebih mudah luruh bersama buang air kecil atau urine.
Itulah beberapa informasin tentang dampak negatif kurang minum air putih semoga bisa bermanfaat untuk semua :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar